Beberapa teknik bersepeda bisa diaplikasikan, baik pada sepeda gunung (MTB) maupun sepeda balap . Misalnya saja, baik di jalan raya maupun jalan tak beraspal, Anda tetap harus mengayuh pedal agar sepeda maju. Persoalannya adalah saat bersepeda gunung anda akan berjumpa dengan batu-batuan, akar pepohonan, dan lubang. Inilah beberapa tips untuk menaklukkan itu semua agar anda bisa lebih menikmati bersepeda gunung:
- Bersihkan sepeda anda sesering mungkin. Itu merupakan aturan paling penting dalam merawat sepeda. Kotoran bisa menggerus komponen saat ia menyempil di antara komponen-komponen yang bergerak.
- Jika dilakukan dengan hati-hati, anda bisa mencuci sepeda di tempat cuci mobil. Namun, pastikan semprotan air yang bertekanan tinggi tidak mengenai headset, crankset, hub, atau pedal secara langsung karena air bisa masuk ke sela bantalan.
- Beli alat pembersih rantai. Alat yang terbuat dari plastik ini menjepit di seputar bagian dari rantai. Penampung cairan dan serangkaian sikat akan membersihkan sambungan rantai ketika anda memutar pedal dengan tangan. Pengoperasiannya sangat mudah dan efektif sehingga akan sering menggunakannya. Anda bisa mendapatkan pembersih rantai ini di hampir semua toko sepeda.
- Jangan pernah menerabas kubangan air yang dalam sehingga merendam crankset. Gerakan kayuhan akan membuat air menyelinap di antara karet penutup bearing.
- Untuk memahami lebih jauh tentang bagaimana mengendalikan sepeda gunung ini, tidak ada yang lebih baik dari melihat langsung aksi pembalap MTB. Datanglah ke perlombaan dan berjalanlah ke bagian-bagian lintasan yang berbeda untuk melihat bagaimana mereka mengatasi rintangan yang ada. Agau anda bisa menonton DVD atau youtube balapan atau instruksi bersepeda.
- Membuntuti pembalap yang lebih baik merupakan cara tepat untuk belajar teknik-teknik baru. Anda bisa meniru tanpa berpikir, meningkatkan kepercayaan diri, dan memahami segala kemungkinan yang ada.
- Momentum merupakan sekutu terbesar anda. Terlalu berhati-hati hanya membuat bersepeda gunung menjadi lebih sulit. Pemula cenderung memperlambat laju sepeda saat melihat halangan, dan mereka kehilangan momentum sehingga terpeleset, jatuh, dan frustasi. Anda butuh kecepatan untuk membantu roda melewati halangan sehingga tidak menghentikan atau mengubah arah roda.
- Cobalah mengayuh pada malam hari untuk melatih refleks dan intuisi. Lintasan yang sudah anda lalui ratusan kali akan terasa seperti pengalaman baru setelah hari gelap.
- Ketika anda sudah tidak bisa mengayuh di tanjakan dan kaki akhirnya menapak di tanah, jangan menyerah dan tuntun sepeda sampai ke atas. Anda akan belajar lebih banyak dan menjadi semakin kuat jika anda berhenti sejenak, mengumpulkan tenaga, kemudian mulai mengayuh kembali.
- Untuk mulai mengayuh kembali di tanjakan, pertama tekan rem depan agar sepeda tidak mundur. Taruh pedal di kaki yang paling kuat dalam posisi siap digenjot. Lepaskan rem begitu anda mulai menekan pedal dan tetap merunduk agar roda depan tidak terangkat. Jangan buru-buru memakai clip pedal pada kaki yang satunya. Cukup letakkan kaki di atas pedal sampai anda memperoleh momentum untuk bergerak
- Kendarai sepeda balap agar anda menjadi pesepeda gunung yang lebih baik. Manfaatnya banyak, termasuk istirahat sejenak dari aktivitas bersepeda gunung yang membuat jantung berdebar-debar; melatih kecepatan, kayuhan pedal yang luwes; dan kemampuan melakukan latihan dengan tepat seperti latihan interval. Cara itu juga menghemat waktu, sebab anda bisa memulai bersepeda dari depan rumah anda. Kebanyakan pesepeda gunung profesional menghabiskan sampai 80 persen waktu latihan mereka di atas sepeda balap.
- Atur kabel rem sedemikian rupa sehingga kampas rem belum menyentuh rim ketika anda menarik tuas rem sekitar separuh ukuran regangan rem. Pegangan anda ke handlebar lebih kuat pada posisi ini daripada jika anda mengerem dengan jari-jari terjulur. Jari-jari anda juga tidak akan lelah atau kram dengan cepat. Bagaimanapun, jangan menyetel rem terlalu kendur sehingga tuasnya menyentuh handlebar karena hal itu akan mengurangi daya cengkeram rem
- Kunci untuk memindah gir dengan halus, andal, dan tidak menimbulkan kerusakan ketika anda mengayuh sekuat tenaga adalah mengurangi tekanan ke pedal dan segera memindahkan tuas setelan gir. Anda perlu mengurangi beban terhadap rantai selama satu putaran kayuhan sehingga rantai tidak macet, berderak, atau putus.
- Kesulitan mengendalikan roda anda pada lintasan tunggal yang sempit?santai saja, jika siku dan bahu anda santai, kemampuan anda mengendalikan sepeda akan mengalir dengan alami. Anda tak akan mengalami lepas kendali atau goyangan.
- Tandai jalur latihan yang menantang. Dengan melaju di atas jalur yang sama berulang kali, anda bisa mengukur kemajuan dan mengingat-ingat bagian-bagian yang perlu anda perbaiki.
- Rendahkan sadel saat berlatih melintasi turunan tajam, drop off, atau medan lain yang membutuhkan banyak gerakan tubuh. Dengan posisi sseperti itu, anda kan lebih mudah berganti posisi dengan cepat. Jika sudah mahir, kembalikan sadel ke posisi normalnya.
- Cek selalu kondisi kampas rem, dan ganti secara teratur. Kampas cepat habis pada kondisi jalan berlumpur atau berpasir dan saat melaju pada turunan yang panjang. Disc brake memang tidak rentan terhadap lumpur atau pasir, namun tetap perlu diganti secara periodik.
- Gunakan spiritus sebagai pelumas ketika memasang handle bar grip yang baru jika bagian dalam grip licin dan mudah bergeser. Alkohol mudah menguap dan membaut grip tidak gampang bergeser.
- Pilihlah frame yang lebih kecil selama anda bisa menjangkau handlebar dengan nyaman. Ruang ekstra antara selangkangan anda dan top tube mencegah cedera jika anda mendadak harus turun dari sadel.
- Bingung meilih antar flat bar dan riser bar? Flat bar memberi anda posisi yang lebih aerodinamis saat balapan, riser bar memberikan kenyamanan lebih dan kestabilan posisi saat menuruni lereng yang curam.
- Tuas rem seharusnya tidak melebihi ujung handlebar sebab bisa rusak jika sepeda terjatuh
- Ketika mengerem, gunakan kedua rem, tapi fokuskan pada rem depan, khususnya pada turunan. Rem depan akan lebih bertenaga karena berat tubuh bergeser ke depan.
- Kendurkan tekanan pada rem belakang saat roda belakang mulai selip. Roda yang berputar memberikan kontrol yang lebih baik daripada roda selip.
- Gunakan pelumas rantai yang tebal saat mengayuh di kondisi basah. Pelumas yang tipis akan cepat hilang tersapu air sehingga rantai berdecit dan cepat aus.
- Sebelum mengayuh di kemiringan, semprot semua drive train dengan minyak gorent. Akan lebih sedikit sampah yang menempel dan mudah untuk dibersihkan
- Perikasa leher katup ban secara teratur untuk memastikan tetap tegak lurus dengan rim, khususnya ketika mengayuh dengan tekanan ban rendah. Saat tekanan kurang, ban dalam bisa melintir dan merusak katup. Jika leher katup terlihat miring, kempeskan ban, lalu posisikan lagi dengan benar.
- Meskipun freehub roda belakang memerlukan perawatan yang minimal dan tak memiliki katup oli atau bagian yang berpelumas, bongkar dan bersihkan bearing as roda setahun sekali. Sebagian pelumas bisa masuk ke dalam freehub bearing.
- Meskipun sepeda anda menggunakan sealed hub, itu bukan berarti air dan kotoran tidak bisa masuk ke bearing. Prosedur membersihkan dan melumasi hub bervariasi sesuai dengan jenisnya. Beberapa hub memiliki seal karet yang bisa anda angkat dengan hati-hati menggunakan pisau hingga memperlihatkan bantalannya. Lainnya menggunakan bearing yang dipasang dengan sistem cartridge sehingga bisa diganti ketika terkontaminasi atau kering. Ada juga yang menggunakan pelumas yang dimasukkan ke bearing untuk mendorong kotoran keluar.
- Menggunakan handlebar berbahan ringan, seperti baja ringan, aluminium, titanium, atau serat karbon bisa membuat sepeda anda lebih ringan dan nyaman dikendarai. Seperti halnya frame yang ringan membuat pengendalian lebih halus dibandingkan frame yang berat, handlebar yang ringan juga lebih sedikit menyalurkan guncangan ke tangan, lengan, dan bahu anda. Hanya saja handle bar semacam itu kurang awet sehingga harus diganti setiap enam bulan sekali, atau lebih sering jika anda rutin mengikuti balapan atau sering jatuh.
- Semakin kasar permukaan jalur semakin penting untuk merilekskan tubuh anda dan membiarkan sepeda bergerak dengan sendirinya. Anggaplah lengan dan kaki anda yang fleksibel sebagai sistem suspensi yang efisien dan canggih. Sedikit angkat panta dari sadel supaya badan sedikit mengambang di atas sepeda yang melaju.
Sekian 30 Tips untuk bersepeda gunung, selamat bersepeda dan menikmati pemandangan alam. Baca juga beberapa artikel menarik lain nya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar