Memang benar bahwa kompetisi balap sepeda tidak untuk semua orang. Namun benar juga bahwa membalap memberikan sensasi bersepeda yang tak bisa anda dapatkan lewat cara lain. Untuk mendapatkan pengalaman itu anda tak harus menjejakkan sepatu di garis start Trou de France. Sekarang ini banyak klub atau komunitas yang menyelenggarakan acara sepeda santai atau perlombaan yang bisa diikuti siapa saja. Bahkan jika anda tidak tertarik ikut balapan, tips balap sepeda untuk pemula berikut bisa anda aplikasikan saat bersepeda berombongan. Meski bukan kompetisi, berada paling dpan dalam rombongan memberikan perasaan yang luar biasa.
- Sebelum balapan sepeda, khususnya time trial, ketika setiap detik begitu berharga, remas-remas kertas nomor punggung anda untuk membuatnya lebih fleksibel, kemudian pasang di punggung bagian bawah jersey anda dengan beberapa peniti. Cara ini akan mengurangi hambatan akibat menggembungnya nomor punggung tersebut.
- Untuk menambah setidaknya 1.6 km/jam pada kecepatan anda dalam sebuah time trial, pasanglah aero handlebar yang memungkinkan anda merunduk tanpa bahu menjadi capek.
- Untuk informasi mengenai kompetisi amatir balap jalan raya, trek, atau cyclocross, rajin-rajin lah mengecek website klub atau komunitas sepeda.
- Hindari mengikuti pembalap yang jersey, celana pendek, atau kulitnya terkoyak. TAnda-tanda tersebut menunjukkan bahwa pembalap tersebut telah mengalami kecelakaan. Baik pembalap maupun sepedanya tentu tidak oke.
- Selalu gunakan t-shirt tipis dari bahan sintetis di bawah jersey balap sepeda anda. Kedua bahan jersey tersebut akan bergesekan saat terjadi kecelakaan sehingga membantu melindungi kulit anda dari lecet.
- Jika anda ingin menambah kecepatan beberapa km per jam saat sprint, katakan pada diri anda untuk mengayuh lebih cepat bukan lebih keras. Yang terakhir cenderung membuat otot menegang dan meningkatkan ketegangan mental.
- Banyak orang melupakan persiapan mental dalam menghadapi balap sepeda. Mereka berpikir bahwa balapan adalah soal latihan dan mereka berlatih dengan keras. Namun, sebenarnya 50% kesuksesan berasal dari persiapan mental dan pengetahuan apa yang terjadi selama balapan. Anda mungkin bukan salah satu pembalap yang terkuat atau yang tercepat, namun cerdas saat balap sepeda akan banyak membantu anda memberikan hasil yang bagus.
- Anda harus tahu kapan menyalakan "mesin tubuh" sebelum balap sepeda agar bisa menapai garis finish pada kecepatan puncak. Sebelum balapan sepeda dimulai, pedal kembali dari garis anda melakukaan sprint dan hitung berapa putaran pedal nya. Setelah sekitar 40 putaran, kecepatan puncak mulai menurun, sehingga saat mencapai titik ini, tandailah. Itu adalah titik temat anda memulai sprint pamungkas anda. Maka anda akan yakin jika ada pembalap lain yang menyusul anda, berarti hanya ada satu jawaban: mereka lebih cepat. Jika anda menunggu lebih lama untuk memulai sprint, anda tidak akan mencapai dan mempertahankan kecepatan puncak. Sebaliknya, jika anda memulai sprint terlalu cepat, anda akan kehabisan tenaga sebelum garis akhir.
- Untuk memperbaiki performa balapan sepeda anda, gunakan pemantau denyut jantung. Dengan mengetahui secara pasti denyut jantung selama balapan, anda bisa menjaga keluaran energi tetap maksimum dan mengurangi risiko terpecahnya konsentrasi.
- Jika anda ingin beristirahat dari latihan sepeda, lakukan dua hari sebelum balapan. Sehari sebelumnya, bersepedalah dalam jarak pendek termasuk dua kali mengayuh dalam kecepatan tinggi. Cara ini akan membuka paru-paru anda dan mengingatkan tubuh anda kembali bagaimana rasanya beraktivitas dengan keras.
- Pikirkan time trial, sebuah breakaway, atau aksi solo lainnya sebagai upaya saling memengaruhi di antara dua hal yang absolut dan satu variabel yang bisa berubah-ubah. Hal yang absolut adalah denyut jantung anda yang paling efisien dan kayuhan di angka sekitar 90 rpm. Variabel berkaitan dengan gir. Pilihlah rasio gir yang membuat anda bisa menjaga denyut jantung dan keyuhan optimal.
- Berikan perhatian ekstra terhadap postur tubuh anda selama melakukan time trial sepeda. Perubahan kecil pada posisi tubuh terbukti berpengaruh terhadap hambatan udara dengan menggerakkan banyak tubuh bagian depan. Hal tersebut meliputi gerakan saat menggelengkan kepala, berdiri, atau menunduk saat mengambil botol minuman.
- Jangan mengotak atik sepeda yang akan digunakan membalap sehari sebelum lomba dimulai. Pada saat itu sepeda seharusnya sudah disetel secara sepurna dan siap digunakan untuk balapan. Hal ini untuk mencegah tidak berfungsinya beberapa bagian krusial dari sepeda anda.
- Jangan mengemudikan mobil dalam jarak yang jauh untuk menuju tempat lomba sepeda tanpa waktu yang cukup untuk pemanasan. Kaki-kaki anda akan menjadi kaku karena mengemudikan mobil berjam-jam.
- Jika anda ingin menjadi bagian dari sebuah balapan sepeda, usahakan untuk berada di sepertiga barisan terdepan. Jika terlalu jauh di belakang, anda kehilangan kemampuan untuk membantu mengontrol perlombaan dan menjadi penghuni rombongan terakhir
Oke sepeda mania, itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda aplikasikan jika anda tertarik untuk mengikuti balap sepeda. Semoga bermanfaat dan teruslah berlatih!
Baca juga beberapa tips sepeda berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar